Kamis, 10 Januari 2019

sistem infomasi keperawatan


UJIAN AKHIR SEMESTER
SISTEM INFORMASI KEPERAWATAN

1.    Pemanfaatan media sebagai sumber informasi memiliki kelebihan dan kekurangan, coba jelaskan dampak positif dan negatif dari media tersebut!
Jawaban :
a.       Kelebihan atau dampak positif
1.      Media sebagai sumber informasi membantu untuk menyampaikan suatu informasi kepada keluarga, teman , dan masyarakat.
2.      Media sebagai sarana komunikasi dengan banyak orang dengan mudah dan tidak di batasi oleh waktu.
3.      Media membantu dalam proses pembelajaran dengan cara mudah dan cepat.
4.      Media juga bisa digunakan sebagai tempat transaksi atau jual beli online yang dapat di informasikan dan di lihat oleh semua orang.
b.      Kekurangan atau dampak negatif
1.      Media sebagai sumber informasi bisa di salah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab .
2.      Media juga bisa membuat kita menjadi malas dalam proses pembelajaran dengan malas membaca buku pendidikan.
3.      Media sumber informasi banyak di manfaatkan hanya untuk hiburan dan banyak waktu yang terbuang sia-sia.

2.   Pada saat anda belajar tentang Literatur Searching Strategy, menurut anda apa manfaat bagi perkembangan sistem informasi keperawatan!
Jawaban :
Literatur seraching strategy adalah suatu informasi atau kumpulan informasi yang berupa jurnal, artikel, atau hasil penelitian yang sudah terbukti. Banyak manfaat bagi perkembangan sistem informasi keperawatan yang digunakan untuk untuk membuat karya ilmiah keperawatan sebagai suatu sumber. Sumber informasi dari suatu sistem bermanfaat juga dengan pembuktian dari budaya yang ada di masyarakat, suapay kita tahu apakah yang dilakukan oleh masyarakat tersebut benar atau salah, kita bisa melihat dari literatur dengan melihat apakah sudah ada penelitian dan hasil yang sudah membuktikan bahwa yang dilakukan masyarakat itu benar atau salah. Manfaat selanjutnya bisa digunakan sebagai gambaran atau hal-hal yang belum diketahui dari suatu kasus yang di jadikan literatur ini sebagai bahan atau sumber untuk membuat suatu penelitian yang baru. 

   3. Setelah anda melakukan dinas di rumah sakit umum selama 2minggu , apakah sitem informasi manajemen rumah sakit dapat di aplikasikan di lahan praktik tersebut? Jelaskan!
Jawaban :
Sitem informasi manajemen rumah sakit sudah dapat diaplikasikan dan sistemini sangat memudahkan perawat atau tim medis lainnya dalam suatu pengumpulan data dan penyajian data tentang pasien atau tentang rumah sakit itu sendiri. Kalau kita pergi kerumah sakit langsung saja tanyakan ke tempat informasi atau bisa ke tempat administrasi untuk menanyakan nama pasien dan sitem ini akan langsung muncul nama pasien yang diinginkan beserta ruangan yang ditempati oleh pasien tersebut. Maka kita tidak harus pergi dan menanyakan nama pasien dari ruangan ke ruangan lain. Dalam sistem ini sudah otomatis dari pengumpulan data pasien, diagnosa, obat-obatan, beserta makanan yang harus dimakan oleh pasien, dengan cara menulis nama pasien dan nomor rekam mediknya akan langsung muncul data-data pasien tersebut, tanpa harus membawa ontang-anting kemana-mana. Tetapi tidak semua rumah sakit tidak menggunakan membawa ontang anting pasti selalu ada dan masih berlaku di rumah sakit tersebut. Dan sistem ini juga membantu pasien dalam menyelesaikan administrasi dengan cepat dan mudah begitu juga dalam pelayanan secara medis atau keperawatan.

    4.  Telenursing menjadi isu yang terus berkembang sampai saat ini. Jika peraturan pemerintahan sudah tertib, apakah anda setuju dengan telenursing sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat di kanupaten garut?  Berikan alasannya!
Jawaban :
Setuju dengan adanya telenursing sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan status kesehatan, karena telenursing adalah pelayanan asuhan keperawatan dengan jarak jauh dan upaya penggunaannya menggunakan teknologi untuk melakukan sebuah pelayanan keperawatan kepada masyarakat. Telenursing juga memudahkan masyarakat yang akan ingin berkonsultasi tanpa harus pergi langsung langsung ke rumah sakit dan kita sebagai perawat melayani pasien tanpa harus kontak mata langsung tetapi bisa melalui sebuah teknologi yang disebut telenursing. Dengan menggunakan telenursing masyarakat bisa melakukan perawatan keparawatan kepada pasien atau keluarga yang sakit secara mandiri tanpa harus pergi ke pelayanan kesehatan dengan tetap mgekitu instuksi dari perawat, apalagi pada pasien yang menderita penyakit kronis yang harus segera ditangani tanpa menggu lama di perjalanan dan mengambil nomor antrian begitu juga dengan biaya yang dikeluarkan tidak begitu banyak. Jadi dengan telenursing dengan mudah bisa dilakukan oleh masyarakat untuk tetap berkonsultasi tanpa adanya hambatan keterlambatan.

   5.    Jika anda sebagai seorang perawat yang ahli dalam membuat program/aplikasi sistem informasi apa yang akan anda lakukan untuk kemajuan sistem informasi keperawatan di indonesia !
Jawaban :
Program atau aplikasi sistem informasi dalam melakukan untuk kemajuan di sitem keperawatan yaitu dengan membuat aplikasi pendaftaran beserta nomor antriannya secara online tudak harus menunggu lama di rumah sakit tersebut kalo sudah tahu nomor antrian dan jam yang telah terdaftar dari aplikasi ini dan secara atomatis akan ada data pasien di rumah sakit tersebut. Kemudian membuat program homecare juga dimana pasien ingin melakukan pearawatn di rumahnya, di aplikasi ini sudah dirancang tindakan-tindakan dan harga yang akan dilakukan. Pasien tidak usah mencari perawat yang akan melakukan homecare kesana-sini di dalam aplikasi ini sudah ada nama perawat tidak hanya satu tetapi banyak dan pasien bisa memilih perawat mana yang akan melakukan perawatan kepada pasien. Lalu membuat program pendokumentasian asuhan keperawatn secara online tidak menggunakan lagi secara manual, suapay lebih mudah dan cepat dilakukan oleh perawat dan akan meningkatkan program perencanaan secara akurat dan meningkatkan kualitas asuhan keperawatan kepada pasien. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sistem infomasi keperawatan

UJIAN AKHIR SEMESTER SISTEM INFORMASI KEPERAWATAN 1.    Pemanfaatan media sebagai sumber informasi memiliki kelebihan dan kekurang...