Rabu, 07 November 2018

Resume jurnal gastritis

HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN TERJADINYA GASTRITIS
Artikel Pertama
Judul Jurnal : HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN GASTRITIS PADA REMAJA
Judul : POLA MAKAN REMAJA TIDAK TERATUR
Volume : 18 NOMER 1 FEBRUARI 2018
Tahun : 2018
Penulis Jurnal : IWAN SHALAHUDIN, UDIN ROSIDIN
Penerbit Jurnal : JURNAL KESEHATAN BAKTI TUNAS HUSADA
Email : shalahudin.iwan@gmail.com
Publisher : FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS PADJADJARAN KAMPUS GARUT
Artikel Kedua
Judul Jurnal : HUBUNGAN ANTARA POLA MAKAN DENGAN TERJADINYA GASTRITIS PADA PASIEN YANG DI RAWAT
Judul : PASIEN YANG DIRAWAT KARENA GASTRITIS
Volume : 12 NOMER 4 NOVEMBER 2018
Tahun : 2018
Penulis Jurnal : EMILIANA NAGE, MUJAHID, MUZAKKIR
Penerbit Jurnal : JURNAL ILMIAH KESEHATAN DIAGNOSIS
Email : emlyn.nage@yahoo.com
Publisher : STIKES NANI HASANUDDIN MAKASAR, UNIVERSITAS FAJAR

PENDAHULUAN
Semakin modernnya zaman, semakin banyak penyakit karena inflamasi yang terjadi pada lapisan lambung yang menjadikan nyeri pada daerah perut. Penyaklit ini tidak menular tetapi biasanya bakteri H.Pylori masuk kedalam tubuh melalui makanan yang di cerna oleh tubuh. Gastritis adalah proses inflamasi pada lapisan mukosa dan sub mukosa dengan adanya infiltrasi sel-sel radang pada daerah lambung yang banyak dijumpai di klinil/ ruangan penyakit. Penyakit ini menyarang semua jenis kelamin karena pola makan yang buruk dan kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan kecanduan merokok. Gaya hidup yang tidak sehat dapat meningkatkan asam lambung seperti : asinan, cuka, sambal, merokok, dan minuman alkohol. Gastritis dapat bersifat akut dan kronis. Gastritis akut yang datang mendadak dalam beberapa jam atau hari, yang disebabkan karena pola makan yang kurang baik dalam frekuensi/ waktu yang tidak teratur. Sedangkan gastritis kronis yang bersifat berbulan-bulan dan bertahun-tahun.

METODE PENELITIAN
Metode yang digunakan ialah design analisis dimana penelitian diarahkan secara objektif dan sistematis untuk mendeskripsikan atau menguraikan suatu keadaan dalam suatu komunitas melalui pendekatan cross sectional, metode ini adalah kemudahan dalam melakukan penelitian menggunakan proportional sampling (sampling berimbang) yaitu teknik pengambilan sampel yang digunakan bila populasi anggotanya tidak homogen dan berstata secara acak. Populasi dalam semua pasien gastritis yang dirawat dengan sampel yang dipilih berdasarkan ketersediaan dengan metode yang di atas di lihat dari kriteria sampel, pengumpulan data, dan analisa data.

HASIL DAN PEMBAHASAN
Menurut Soetjiningsih(2010), usia adalah salah satu faktor resiko terjadinya gastritis terutama pada masa remaja. Pola makan yang mampu memicu timbulnya gastritis disebabkan oleh kebiasaan tidak sarapan pagi, pola makan yang tidak teratur, dan diet yang tidak sehat. Hasil penelitian tentang karakteristik jenis kelamin responden didapatkan data paling banyak yaitu perempuan dibandingkan laki-laki, karena perempuan takut merasa gemuk dan menjalankan diet yang tidak sehat. Menurut Hudha (2006) pola makan seseorang dalam konsumsi pangan setiap hari meliputi frekuensi makan, porsi makan, dan jenis makan yang berdasrkan faktor sosial dan budaya. Hubungan antara frekuensi makan, jenis makan, dan sikap responden dengan status gizi balita yang terjadinya gastitis. 

KESIMPULAN
Dapat disimpulkan remaja perempuanlebih banyak mengalami penyakit gastritis dibanding laki-laki, karena mereka mempunyai pola makan yang buruk. Maka diperlukan bimbingan dibidang kesehatan seprti pendidikan kesehatan yang dilakukan agar tidak menimbulkan lebih banyak lagi penderita gastitis.

SUMBER
http://ejurnal.stikes-bth.ac.id/index.php/P3M_JKBTH/article/view/303
http://ejournal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/795

1 komentar:

  1. Wynn Las Vegas & Encore Restaurants - JTM Hub
    Book 인천광역 출장마사지 a table 공주 출장샵 at Wynn Las Vegas & Encore 보령 출장마사지 in Las Vegas, NV and receive QQ 의왕 출장마사지 ratings and 광명 출장마사지 detailed information about their Wynn Rewards program.

    BalasHapus

sistem infomasi keperawatan

UJIAN AKHIR SEMESTER SISTEM INFORMASI KEPERAWATAN 1.    Pemanfaatan media sebagai sumber informasi memiliki kelebihan dan kekurang...