Jumat, 07 Desember 2018

Penelitian EBP


Pengaruh Mengkonsumsi Jus Mentimun Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit yang sudah menjadi masalah dunia dengan banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya tekanan darah naik. Seiiring dengan gaya hidup yang tidak sehat tingginya angka hipertensi juga dipengaruhi pleh kebiasaan merokok, kurangnya aktivitas, pola makan tidak sehat obesitas dan stres. Banyak masyrarakat yang terkena hipertensi terutama pada lansia dengan tekanan darah yang tinggi. Budaya masyarakat dulu yang tidak mengenal kesehatan dan memilih pengobatan dengan alternatif tradisiopnal sampai sekarang masih digunakan oleh masyarakat dengan cara mengkonsumsi jus mentimun setiap hari dari pada harus memilih pergi ke tempat pelayanan kesehatan setempat untuk mendapatkan pemngobatan medis. Masyarakat pun percaya bahwa dengan mengkonsumsi jus mentimun dapat menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Setelah di analisa memang benar masyarakat yang memilih untuk menurunkan hipertensi dengan mengkomsumsi jus mentimun setiap hari sampai dengan tekanan darahnya normal kembali. Memamg sudah ada penelitian tentang pengaruh jus mentimun terhadap pasien hipertensi yang dapat menurunkan tekanan darah dengan metode dan hasil yang sudak terbukti dan diteliti secara sistematis, bahwa mentimun sangat bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah karena kandungan kalsium, magnesium, kalium, dan fosfornya yang tinggi.

Berdasarkan hasil penelitian tentang “Efeftivitas Konsumsi Jus Mentimun Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi” dari Jurnal Ners Indonesia, Vol. 2, No. 2, Maret 2012. Yang diteliti oleh Dendy Kharisna, Wan Nisfha Dewi, Widia Lestari. Dari Dosen Keperawatan STIKes Payung Negeri Pekanbaru dan Dosen PSIK Universitas Riau.
Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya penurunan tekanan darah yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan dengan hasil uji statistik P Value <0,05 , bahwa mengkonsumsi jus mentimun efektif menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sistem infomasi keperawatan

UJIAN AKHIR SEMESTER SISTEM INFORMASI KEPERAWATAN 1.    Pemanfaatan media sebagai sumber informasi memiliki kelebihan dan kekurang...