Kamis, 15 November 2018

TELENURSING


TELENURSING
1.   PENGERTIAN
Telenursing (pelayanan asuhan kperawatan jarak jauh) adalah upaya peggunaan teknologi untuk melakukan pelyanan keperawatan.
2. DESKRIPSI DARI GAMBAR
a   A. KASUS PADA GAMBAR
Ada seorang pasien bernama Ny. R yang menggunakan cara telenursing menghuungi seorang perawat.Ny. R ini mengeluh nyeri perut bagian kiri atas sudah berbulan-bulan. Penah diperiksa ke dokter dengan diagnosa gastritis kronis sebelumnya. Sakit dirasakan oleh pasien setelah beraktivitas berat dan selalu telat makan.
b   B.  PEMBAHASAN DARI GAMBAR/KASUS
Perawat memberikan penjelasan tentang Ny. R dengan keluhan nyeri perut bagian kiri atas dengan diagnose medis gastritis kronis. Perawat memberikan penjelasan agar pasien tidak banyak aktivitas yang berat, boleh beraktivitas tapi jangan terlalu berat harus ada batasan supaya sakit dari penyakit yang diderita tidak terlalu parah, harus banyak istirahat dan bila duduk di anjurkan untuk posisi semi powler (posisi setengah duduk ). Perawat juga menganjurkan Ny.R untuk makan teratur, supaya tidak mual dianjuran makan sedikit tapi sering ,makan-makanan yang lembek tidak keras supaya bias dicerna oleh lambung. Perawat menanyakan skala nyeri dari rentan 1-5 jika nyeri 1 yaitu sangan ringan, jika 2 ringan, jika 3 sedang , jika 4 berat, dan kalo 5 sangat berat. Pasien menjawab skala nyerinya berada di angka 3 berarti rasa sakit yangdirasakan sekarang yaitu sedang. Perawat meganjurkan pasie aau memberitahu supaya di kompes dengan air hangat/panas, lalu memberikan penjelasan distraksi dan relaksasi  supaya pasien bias mengalihkan rasa sakit dengan cara tarik nafas dalam. Pasien dianjurkan untuk minu obt sesuai resep yang teah di berikan dokter sebelumnya . setelah diberikan pelayanan keperawatan dengan cara telenursing antara  perawat dan pasien, akhirnya pasien mengerti dngan penjelasan yang dibrikan oleh perawat dan melakukan tindakan yang telah di anjurkan.
3  C.  KESIMPULAN
Penggunaan teknologi telenursing dengan cara video conference memudahkan pasien untuk berkonsultasi tentang penyakit yang yang di deritanya, bias menghematwaktu juga antara perawat dan pasien. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sistem infomasi keperawatan

UJIAN AKHIR SEMESTER SISTEM INFORMASI KEPERAWATAN 1.    Pemanfaatan media sebagai sumber informasi memiliki kelebihan dan kekurang...